Selasa, 30 Oktober 2012

Copas: Final Fantasy 1 Origins bab 1

,

 Final Fantasy Origins adalah sekuel dari seri FF yang merupakan buatan ulang dari FF I dan II yang pernah hadir di konsol NES. Square memang tidak lupa akan game yang membuat namanya mencuat. Pada saat para gamer bermain FF X pernah tidak berpikir dulu FF gimana sih waktu jamannya NES?  Kalau mau tahu aslinya mainkan saja game ini (Saya sudah pernah memainkan versi NES-nya via emulator. Wah sangat sederhana sekali!). Yang jelas kalau mau lebih asli mainkan yang versi NES asli. Ayo mainkan saja game ini!   

TIPS DASAR
  1. Save point pada game ini adalah di inn dan menggunakan item tent, cottage.
  2. Tidak ada phoenix down  di game ini, gunakan jasa pendeta yang ada atau gunakan magic Life  (Magic Life akan didapatkan pada pertengahan game).
  3. Dalam membeli magic, pikirkan masak-masak. Karena setiap level hanya tersedia 3 tempat untuk magic padahal dalam satu levelnya ada 4 macam magic. Kamu dapat mengdrop magic di menu untuk membuang magic yang ada dan membeli yang  lainnya.
  4. Untuk mendapatkan susunan armor terbaik gunakan fasilitas Optimize dalam menu Equipment.
  5. Dianjurkan sebelum melawan boss atau dalam tempat yang susah (misalnya : udah capek-capek naik ke tingkat berikutnya, tempatnya susah, dll) keadaan lainnya, selalu save pada memo (ada pada menu). Save memo ini bersifat sementara selama tidak mereset game. Jika game over maka load dari memo.
  6. Memo dapat dilakukan kapan saja kecuali battle.
  7. Jika mengambil peti harta ambillah dari samping. Jika dari depan, sebagian besar kamu akan melawan monster.

TENTANG JOB
Ada enam job dalam game ini beserta perubahannya:

Job
Perubahan Job
Keterangan
Warrior
Knight
Job yang memiliki Attack dan Defense terkuat. Jika telah berubah menjadi Knight ia bisa mempelajari White Magic hingga level 3.
White Mage
White Wizard
Job yang dapat menspell White Magic. Ia dapat mempelajari white magic hingga level 8. Ia tidak dapat mempelajari Black Magic.
Black Mage
Black Wizard
Job yang dapat menspell Black Magic. Ia dapat mempelajari balck magic hingga level 8. Ia tidak dapat mempelajari White Magic.
Red Mage
Red Wizard
Job alternative White dan Black Magic. Ia dapat mempelajari keduanya hingga level 8. Tetapi ingat setiap level hanya bisa memuat 3 magic saja.
Monk
Master
Job ini memiliki tingkat Attack dan Defense dibawah Warrior/Knight. Saat di permulaan game, ia terlihat sebagai job yang paling lemah tetapi ia akan berkembang saat level selanjutnya. Ia akan lebih hebat lagi apabila tanpa diberi senjata. Coba saja!
Thief
Ninja
Job yang memiliki tingkat luck dann evade yang tinggi sehingga mudah kabur dalam battle. Ketika berubah menjadi Ninja, ia dapat mempelajari Black Magic hingga level 3. Tapi jangan harap ia bisa mencuri seprti Zidane walaupun dia adalah thief.

TENTANG COLLECTION (OMAKE)
Collection ini dapat dibuka dengan menekan L2 saat permainan. Akan ada pillihan Bestiary, Item Collection, Art Gallery, dan satu lagi yang rahasia. Di Bestiary kamu akan mendapat data mengenai monster yang sudah pernah kamu kalahkan. Item Collection untuk melihat banyaknya peti harta yang telah kamu buka. Dan gallery untuk melihat gambar.

TENTANG  CONFIG MENU
Config afalah menu yang penting dalam game ini. Di config kamu dapat mengatur sistem permainan, cursor, kecepatan teks, controller, suara, vibration, omake atau collections, dan lainnya. Yang terpenting adalah system. Aturlah system supaya kamu benar-benar menikmati permainan FF ini. Di menu ini kamu dapat mengaktif atau menonaktifkan auto target, dash, battle support, button info.

Walkthrough

Setelah suguhan FMV, pilihlah tingkat kesulitan game ini. Saya menggunakan Normal Mode. Kemudian tentukan nama karakter dan jobnya. Untuk ini saya memilih dan rekomendasikan adalah job warrior,  monk, white mage, dan black mage. Job lainny yang ada yaitu red mage dan thief. Kamu bisa saja memasang karakter yang empat-empatnya berjob sama.  Kamu akan langsung tiba di world map (kerasa bedanya dengan versi NES-nya!)  Maka langsung aja masuk ke istana Cornelia!
CORNELIA CASTLE
            Simpel aja masuk ke istana, naik ke 2F dan bertemu raja. Raja Cornelia meminta untuk menolong Sarah, anaknya yang diculik oleh Garland. Keluar dari istana.

CORNELIA
Inn          : 30 G
Revive     : 40 G

Black Magic Level 1 (100 G)
Fire1        = Sihir api dengan jumlah damage 10-40
Sleep1     = Membuat musuh dalam status sleep
Focus      = Menurunkan Evasion satu musuh 10 poin
Bolt1       = Sihir petir dengan jumlah damage 10-40

White  Magic Level 1 (100 G)
Cure1      = Menyembuhkan HP sebanyak 16-32 per karakter
Dial         = Membuat damage pada musuh tipe undead dengan damage 20-80
Shld1       = Meningkatkan status Defense 8 poin
Blink       = Meningkatkan status Evasion 80 poin pada mage yang menspell

Item Shop
Potion                      60G
Antidote                  75G
Sleeping Bag           75G

Armor Shop
Shirt                        10G
Letaher Armor         50G
Chain Mail              100G

Weapon Shop
Nunchaku                10G
Knife                       5G
Staff                        5G
Rapier                      10G
Hammer                  10G

Masuk ke toko armor, weapon, item. Belilah weapon, armor yang cocok bagi karakter. Beli juga magic Fire1 dan Cure1. Kini ke world map, tingkatkan level karakter dulu kira-kira level 3 atau 4 .Jika kamu masih belum mengerti tentang FF ini dapat bertanya di semacam ‘Beginner Hall’ di Inn. Kalau sudah siap ke Temple of Chaos yang berada di sebelah barat laut dari Cornelia Castle.

TEMPLE OF CHAOS
            Jika kamu belum menaikkan level 3 atau 4, maka monster di sini akan terasa sangat sulit. Jangan masuk ruang tengah dulu, ambillah item-item yang tersebar dalam peti harta. Ada pintu yang terkunci, kuncinya akan didapatkan selanjutnya. Kalau mau bisa kembali ke Cornelia untuk save. Sudah siap? Save untuk berjaga-jaga dengan memo. Lawan Garland di ruang tengah.

BOSS : GARLAND
Boss ini akan sangat gampang apabila levelmu sudah tinggi (3 atau 4). Lawan saja seperti monster biasa. Black mage dapat menspell Fire1 atau Bolt1. White mage untuk menyembuhkan yang lain. Sedangkan yang lainnya menyerang. Dalam beberapa turn saja, ia akan terkalahkan.

Setelah menghabisi Garland, akan ada event di Cornelia Castle. Raja akan memberikan perintah memperbaiki jembatan dan Sarah akan memberimu Lute.  Di Cornelia City belilah item dan magic baru.
Perjalanan kita selanjutnya adalah ke kota berikutnya. Seberangi jembatan. Di sini kamu mempunyai 2 pilihan yang fakultatif, jika mau langsung meneruskan jalan ceritanya langsung menuju Pravoca. Jika tidak ke utara untuk ke Matoya’s Cave. (Saya rekomendasikan ke Matoya’s Cave dulu untuk mengerti jalan ceritanya).

MATOYA’S CAVE
Di Matoya’s cave ikuti pembicaraannya. Kamu akan tahu bahwa Matoya kehilangan bola kristalnya. Ambil item, keluar lanjutkan ke Pravoca.

Dari jembatan pergilah ke sebelah timur. Perjalanan di world map akan cukup panjang, sekalian menaikkan level. Kita menuju Pravoca!

PRAVOCA
Inn          : 50 G
Revive     : 80 G

Black Magic Level 2 (400 G)
Ice1         = Sihir es dengan jumlah damage 20-80
Fog          = Membuat musuh dalam status darkness (blind)
Steel        = Menaikkan status Attack 14 poin
Slow1      = Memperlambat perlawanan/gerakan kelompok musuh, serangannya berkurang.

White s Magic Level 2 (400 G)
Lamp       = Menyembuhkan status darkness
Silence     = Membuat musuh dalam status silence atau mute
Nulbolt    = Mengurangi damage petir (lightning) 50%
Invis1      = Meningkatkan status Evasion 40 poin salah satu karakter

Item Shop
Potion                      60G
Antideote                 75G
Sleeping Bag           75G
Tent                         250G

Armor Shop
Leather Armor         50G
Chain Mail              80G
Steel Plate                800G
Leather Shield         15G
Leather Gloves        60G

Weapon Shop
Hammer 10G
Broad Sword           550G
Battle Axe               550G
Scimitar                   200G

Kota ini sedang diserang Bajak Laut! Pergi ke inn bila perlu. Lawanlah bajak laut yang ada di sisi kiri kota.

BOSS : PIRATES (9)
Wah! 9 Bajak Laut??!! Tenang saja HP mereka sangat kecil yakni dibawah 10. Mage juga dapat membunuhnya dalam sekali pukul.

            Kamu akan mendapat ship! Kini kamu bisa berleluasa di laut yang terbatas. Oh ya jangan lupa untuk menaikkan level karakter, upgrade weapon dan armor terbaik, serta magic dan item. Saya merekomendasikan untuk membeli magic Ice1, Steel, Slow1, untuk balck mage dan Silence, NulBolt, Invis1 untuk white mage.
Kalau sudah kita akan menuju Elven Castle. Cara termudah untuk menuju kesana adalah dari dermaga Cornelia terus turun ke bawah, setelah mentok, ke kiri, di sana ada dermaga kecil. Mendarat di sana dan berjalan ke selatan dan temukanlah kota Elfheim dan Elven Castle. Pergilah ke istana terlebih dahulu.

ELVEN CASTLE
            Temukanlah seorang pangeran yang dikutuk tidur  oleh Astos lima tahun yang lalu.  Maka misi kamu kini adalah melawan Astos tersebut. Tapi mampir dulu di kota Elfheim.
ELFHEIM
Inn          : 100 G
Revive     : 80 G

Black Magic Level 3 (1500 G)
Fire2        = Sihir api dengan jumlah damage 30-120
Bind        = Membuat musuh dalam status paralyze
Bolt2       = Sihir petir dengan jumlah damage 30-120
Focus2    = Menurunkan Evasion seluruh musuh 10 poin

White s Magic Level 3 (1500 G)
Cure2      = Menyembuhkan 22-66 HP per karakter
Dia2        = Membuat damage pada musuh tipe undead dengan damage 40-160
Nulfire     = Mengurangi damage api (fire) 50%
Heal1       = Menyembuhkan 12-24 HP satu party per karakter

Black  Magic Level 4 (4000 G)
Sleep2     = Membuat musuh dalam status sleep
Haste       = Melipatgandakan frekuensi serangan party
Muddle    = Membuat musuh dalam status confuse
Ice2         = Sihir es dengan jumlah damage 40-160

White  Magic Level 4 (4000G)
Esuna      = Menyembuhkan status poison
Fear         = Membuat musuh dalam status ‘terror’
NulIce     = Mengurangi damage es (ice) 50%
Vox         = Menyembuhkan  status mute

Item Shop
Potion                      60G
Antidote                  75G
Tent                         250G
Cottage                    3000G
Gold Needle            800G

Armor Shop
Steel Plate                800G
Copper Armlet        1000G
Iron Shield              100G
Leather Cap             80G
Helmet                     100G

Weapon Shop
Iron Nunchaku        200G
Dagger                    175G
Croiser                    200G
Saber                       450G
Mythril Sword        450G

            Tidak ada yang bisa kamu lakukan disini, hanya upgrade senajata, armor, dan magic. Prioritaskan untuk membeli Bolt2, Antidote yang cukup karena akan berguna nantinya. Naikkan levelmu hingga sekitar  7 atu 8. Tujuan kamu kini adalah menemui seorang raja di istananya yakni Western Keep
WESTERN KEEP
            Istana ini terletak di sebelah timur laut dari Elfheim. Dari Elfheim ke barat untuk melewati hutan besar. Ada danau di sana. Nah istana itu tepat ada di utara danau. Temui seorang raja di sana, ia mengatakan bahwa Astos telah menghancurkan istana ini dan mengambil semuanya. Ia menyuruhmu untuk mengambil Crown di gua sebelah selatan. 
Siap-siap untuk ke tempat yang baru yakni Marsh Cave. Dari istana, kembali ke hutan besar di selatan, perhatikan di sebelah barat ada celah lewati celah itu kemudian ke selatan, hingga kamu menemukan sebuah lubang. Save memo atau tent bila perlu di depannya.
MARSH CAVE
Dungeon ini menyimpan banyak kotak-kotak harta. Dari tangga utama, di sebelah utara akan ada tangga lagi untuk mengambil beberapa harta. Kembali, kini berjalanlah ke arah selatan.  Turuni tangga, semua kotak peti di sini kosong, pergilah ke pintu di arah tenggara dan turun ke tangga yang ada. Priotitaskan untuk mengalahkan boss dulu. Setelah itu baru mengambil item. Dari tangga utama, jalanlah ke selatan hingga menemukan ruangan dengan tangga. Turun ke bawah. Pergilah ke pintu yangada di sudut tenggara, dan teruskan dan turun ke bawah. Di lantai selanjutnya banyak terdapat ruangan. Pergilah ke ruangan di kolom 2 baris ke-3 yang berisis satu peti harta yang dikelilingi patung-patung. Boss menantimu disini. Jangan lupa save memo.

BOSS : PISCODEMON
Boss yang gampang sekali. Gunakan magic Bolt2 dari Black Mage. Dalam 2 turn, maka bossnya akan mati. Gampang bukan?

            Ambil crown. Keluar dari Marsh dan berikan pada raja di Western Keep. Sebelumnya saya merekomendasikan level karakter teriatam fighter pada level 9 atau 10.  Di depan istana,save, sebab kamu akan melawan boss yang tak terduga.         Ya, kamu akan melawan raja itu yang ternyata adalah Astos.

BOSS : ASTOS
Ia cukup tangguh. Tapi jika level kamu tinggi, ia bukanlah apa-apa bagimu. Cukup dengan magic dan serangan biasa saja. Setelah kalah ia akan meninggalkan Crystal Eye.

            Misi selanjutnya? Berikan kristal tersebut kepada Matoya. (Jika kamu belum pernah ke Matoya’s Cave lihat bagian sebelum Parvoca). Matoya akan memberimu Jolt Tonic, berikan tonic pada Pangeran Elf di Elven Castle. Ia akan memberimu Mystic Key.
Dengan Mystic Key, kamu dapat membuka pintu yang tadinya terkunci yakni di Cornelia Castle, Temple of Chaos, Elven Castle, Western Keep, dan Marsh Cave. Untuk di Western Keep, ambillah item dari samping kotak agar tidak melawan monster. Kalau mau silakan. Untuk meneruskan cerita pergilah ke Cornelia castle, ambillah harta Mystic Key di sana. Cari ruangan yang dijaga sama kakek tua. Ada Nitro Powder diantaranya.
            Keluar dari Cornelia, naik kapal, telusuri pantai sebelah barat dari Cornelia hingga kamu menemukan dermaga. Dan pergolah ke arah barat daya untuk mecari sebuah gua.
MT. DUERGAR
          Rally-Hoo! Selamat datang di Mt. Duergar. Gua tempat para dwarf tinggal. Ambil semua item di sini. Bicaralah pada dwarf yang ada, kamu akan mengetahui tentang Grandpa Nelic yang sedang menggali. Ingat juga disini ada tukang senjata yang memerlukan Adamantite! Temui Nelic dan berikan Nitro Powder kepadanya. Boom-boom-boom! Jalan baru terbuka untukmu!

MELMOND
Inn           : 100G 

Black Magic Level 5 (8000 G)
Fire3        = Sihir api dengan jumlah damage 50-200
Poison     = Mematikan musuh secara instan
Warps*    = Warps ke lantai sebelumnya pada dungeon
Slow2      = Membuat satu musuh menjadi slow (lambat) dan mengurangi serangannya.
*hanya dapat dipelajari setelah event kenaikan level job

White  Magic Level 5 (8000 G)
Cure3      = Menyembuhkan 66-132 HP per karakter
Life1        = Membangkitkan karakter yang mati
Dia3        = Membuat damage pada musuh tipe undead dengan damage 60-240
Heal2       = Menyembuhkan HP party 24-48 per karakter

Armor Shop
Knight’s Armor      45000 G
Silver Armlet           5000G
Grand Helm            450G
Bronze Gloves        200G
Steel Gloves            750 G

Weapon Shop
Croiser                    200G
Saber                       450G
Long Sword            1500G
Falchion                  450G

SUMBER DAN INI UNDUHAN GBANYA, LINK.
DAN INI GAME JAVANYA 240X320, LINK.

0 komentar to “Copas: Final Fantasy 1 Origins bab 1”

Posting Komentar

 

NOKIA C5 00 on the mind Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates